Pengusaha hingga Ulama, Ini Profil 9 Wantimpres Baru Pilihan Jokowi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 15:21 WIB
Foto: Wantimpres Jokowi. (Andhika Prasetia/detikcom).
Foto: Wantimpres Jokowi. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik 9 anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) baru. Mereka berasal dari beragam latar belakang, dari politikus, pengusaha hingga ulama.

Jokowi membacakan Keppres saat pelantikan 9 Anggota Wantimpres di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019). Berikut ini profil lengkapnya:

1. Sidarto Danusubroto

Sidarto Danusubroto lahir di Pandeglang, Banten, 11 Juni 1936. Dikutip dari 'Dinamika Politik Hukum Di Indonesia' karya Abdul Manan, disebutkan bahwa Sidarto merupakan purnawirawan jenderal polisi dengan pangkat terakhir Inspektur Jenderal (Irjen).


Jabatan terakhirnya di Korps Bhayangkara yaitu Kapolda Jawa Barat periode tahun 1988-1991. Usai tak aktif di kepolisian, Sidarto terjun ke politik dengan masuk PDIP. Dia pun sempat terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2009-2014. Kemudian, pada tahun 2013, Sidarto terpilih menjadi Ketua MPR menggantikan Taufiq Kiemas.

Sidarto Danusubroto / Sidarto Danusubroto / Foto: Hasan Al Habshy


Sidarto adalah orang yang aktif menyarankan Jokowi untuk membentuk kabinet berdasarkan rekomendasi PPATK dan KPK. Kemudian, pada 19 Januari 2015, Sidarto dipilih menjadi salah satu anggota Wantimpres. Kini, dia terpilih lagi menjadi Anggota Wantimpres.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4