Disorot Gubernur Sulsel, Begini Pak Ogah di Makassar Atur Lalin

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 14:55 WIB
Foto: Tim detikcom/Putaran lalu lintas di Makassar
Foto: Tim detikcom/Putaran lalu lintas di Makassar
Makassar - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah menyoroti kemacetan di Kota Makassar yang salah satunya disebabkan Pak Ogah. Di Makassar, Pak Ogah mudah ditemui di setiap tempat putaran lalu lintas.

detikcom menelusuri sejumlah tempat perputaran lalu lintas yang ada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Jumat (13/12/2019).

Seperti putaran lalin di dekat Kantor Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah, Provinsi Sulsel, tampak Pak Ogah tengah mengatur kendaraan di jalur menuju Kabupaten Maros dan hendak berputar balik ke arah Kota Makassar. Setiap ada kendaraan yang hendak putar balik, Pak Ogah langsung mengangkat tangan memberhentikan kendaraan yang hendak menuju arah Kota Makassar dan mempersilakan kendaraan yang hendak putar balik.




Di lokasi itu, Pak Ogah hanya memprioritaskan mobil yang hendak putar balik ketimbang motor yang hendak putar balik. Setelah berhasil membuka jalan untuk kendaraan yang putar balik, Pak Ogah langsung mendekati pengemudi untuk berharap imbalan.

Sejumlah pengemudi roda 4 ada yang membuka kaca dan memberikan imbalan dan ada juga yang hanya langsung melaju. Pak Ogah pun langsung berpindah ke kendaraan lainnya untuk berputar balik.

Putaran lalu lintas di MakassarPutaran lalu lintas di Makassar Foto: Tim detikcom



Lalu lintas menjelang tempat putaran lalin memang terjadi kepadatan karena adanya antrean kendaraan yang hendak berputar. Kepadatan terjadi di kedua jalur.

"Saya di sini hanya dari pagi jam 10.00 Wita pagi sampai jam 12.00an Wita. Setelah itu orang lain lagi nanti," ujar Aco, seorang Pak Ogah di lokasi tersebut.

Aco enggan menyebut berapa yang didapatkan dirinya saat mengatur lalin. Hanya saja pengemudi roda 4 memberinya uang dengan jumlah yang berfariasi.

"Ada kasih ka Rp 5.000, ada juga Rp 2.000, tapi ada juga uang receh, biasa Rp 500," tuturnya.





Di Jalan Perintis Kemerdekaan memang terdapat sejumlah putaran lalu lintas. Hampir di setiap lokasi putaran ditemui Pak Ogah yang tengah beraksi membuka jalan untuk kendaraan yang hendak berputar.

Seperti di putaran lalu lintas dekat Kantor Dinas Kesehatan Sulsel, hingga putaran lalu lintas di dekat Universitas Islam Makassar.

Sejumlah pengendara roda 4 ada yang merasa tertolong dengan hadirnya Pak Ogah. "Jadi mudah kita kalau mau putar, ada yang tahankan mobil dari sana. Kalau saya memang saya siapkan Rp 2.000 banyak di mobil untuk kasih ini Pak Ogah yang bantu putar," ujar salah seorang pengendara roda 4.

Sementara itu pengendara lainnya merasa terganggu. "Ini dorang (mereka Pak Ogah) kalau ada mobil mau putar langsung dia tahan saja, tidak lihat kita lagi melaju dalam kecepatan berapa, pokoknya dia tahan terus langsung kasih putar orang," kata pengendara lainnya.



Putaran lalu lintas di MakassarPutaran lalu lintas di Makassar Foto: Tim detikcom


Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah meminta Pemkot Makassar segera menuntaskan masalah kemacetan yang ada di Kota Makassar. Menurutnya keberadaan Pak Ogah menjadi salah satu penyebab Makassar macet.

"Kita harus ada kajian, pusat-pusat (penyebab) kemacetan ini apa, karena saya lihat Pak Ogah ini menjadi salah satu biang kemacetan," ujar Nurdin, Rabu (11/12).




Tonton juga video Penangkapan Ayah-Anak Penikam Petugas Ronda di Makassar:

[Gambas:Video 20detik]



(nvl/fdn)