Stasiun-Terminal Bojonggede Semrawut, Pemkab Bogor akan Bangun Skybridge

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 11:50 WIB
Semrawut di Stasiun Bojonggede (Foto: Sachril/detikcom)
Bogor - Pemerintah Kabupaten Bogor akan membangun skybridge di Stasiun Bojonggede yang menghubungkannya dengan Terminal Bojonggede. Pembangunan skybridge itu dimaksudkan untuk mengurangi kondisi semrawut di sekitar stasiun dan memudahkan mobilisasi penumpang.

"Untuk memudahkan penumpang mobilisasi dari stasiun ke terminal, ke depan kita akan bangun skybridge," kata Kasie Prasarana Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Firman Hendriawan, saat dihubungi, Jumat (13/12/2019).


Firman menjelaskan skybridge itu akan mulai dibangun pada awal 2021 dan ditargetkan selesai setahun kemudian. Firman menyebut panjang skybridge itu akan mencapai 286 meter.

Pembangunan skybridge itu akan dikerjakan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Pemkab Bogor sendiri akan menyiapkan lahannya.

"Lahan tengah disiapkan. Dan saat ini kita sedang tahap study dan menyusun DED (Detail Engineering Design)," ujar Firman.


Firman menambahkan sebuah park and ride juga direncanakan akan dibangun di Terminal Bojonggede. Dia pun optimis pembangunan skybridge dan park and ride ini bisa selesai dalam waktu satu tahun.

"Sekitar Rp 40 miliar mungkin (total anggaran) untuk skybridge dan park and ride," pungkasnya.




Simak juga video Jalur KA Sukabumi-Bogor Longsor, Perjalanan Dibatalkan:

[Gambas:Video 20detik]



(azr/azr)