Cerita Penjual Nasi Goreng di Bekasi Berjibaku Tangkap Induk Ular Kobra

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 13 Des 2019 11:10 WIB
Foto: Isal Mawardi/detikcom
Foto: Isal Mawardi/detikcom
Bekasi - Penjual nasi goreng di Bekasi, Jawa Barat, Sugandi Yanto (55) menemukan induk ular kobra dan berjibaku mengamankannya. Bagaimana cerita Sugandi menangkap ular itu?

Ular sepanjang 2 meter itu ia pergoki muncul dari pagar hendak menuju ke dalam rumahnya di Kampung Poncol Jaya, Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Kamis (12/12) dini hari. Mulanya, Sugandi yang baru pulang dari berjualan nasi goreng dan beristirahat di teras melihat ular itu datang dari arah pagar rumahnya.

"Kobra itu datang dari pagar nyebrang ke sini (teras rumah). Jadi saya ambil bambu itu, saya gebukin," ujar Sugandi ketika ditemui di kediamannya, Jumat (13/12/2019).


Ular berwarna hitam itu sempat tidak bergerak. Namun beberapa saat kemudian, ular kembali berontak.

Sugandi pun mengambil bambu panjang dan menjepit leher ular itu. Namun, ular itu sempat menyembur ke arah tangan Sugandi.

"Sempet nyembur, di sini (lengan kiri) basah. Tapi saya nggak kegigit," kata Sugandi.

Ia pun menunggu orang lain lewat untuk membantunya. Karena kondisi saat itu sudah larut malam, tak ada warga yang melintas di sekitar rumahnya.


Setelah 10 menit, putri Sugandi, Fatmawati (22), datang. Fatmawati pun segera membantu sang ayah yang tampak kesulitan menangani ular kobra itu. Fatmawati memegang galon, sedangkan Sugandi memegang leher ular itu untuk dimasukkan ke dalam mulut galon.

"Tadinya nggak pernah megang ular, dengan terpaksa megangnya. Duh, duh, takut-takut gimana gitu, teganglah, masukin kepalanya ke dalam botol (galon)," ujar Sugandi.

Ular tersebut akhirnya dapat dimasukkan ke galon. Karena takut ular itu lepas, Fatmawati lalu menghubungi petugas Damkar.

Penemuan ular kobra di Bekasi (dok. Istimewa)Penemuan ular kobra di Bekasi (dok. Istimewa)

"Sudah diambil Damkar," kata Sugandi.

Sebelum induk ular kobra itu ditemukan, Sugandi telah menangkap enam ekor anak ular kobra di kediamannya. Salah satunya ia temukan di wastafel rumahnya.

"Dalam dua bulan ini paling anak-anaknya (ular). saya dapat empat (ular), anak saya satu (ular), terus kucing satu (ular). Ya (panjangnya rata-rata) hampir 30 cm-lah," sebut Sugandi.


Sebagai antisipasi kejadian serupa, Sugandi akan memasang sejumlah lampu penerangan di teras rumahnya. Selain itu, peralatan menangkap ular ia sediakan di setiap sudut rumah.

"Siapin bambu, takut (ular) datang lagi," kata Sugandi.

Diketahui, induk ular kobra itu telah diamankan pihak Damkar dan diserahkan ke komunitas pencinta reptil Kota Bekasi. "Panjang sekitar 2 meter 10 cm-lah. Kalau nyembur bisa 3 meter. Iya itu induk kobra betina, warna hitam," kata Pelaksana Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban, kepada detikcom, Jumat (13/12).



Petugas Damkar Purwakarta Tangkap 13 Anak Kobra di Rumah Warga:

[Gambas:Video 20detik]



(isa/azr)