Jelaskan Konsep Pengganti UN di Komisi X, Nadiem: Ngerti Ya Bapak, Ibu?

Mochamad Zhacky - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 17:14 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim di Komisi X DPR (Mochammad Zhacky/detikcom)

Selain itu, Nadiem menjelaskan soal konsep Survei Karakter. Mantan CEO Gojek itu mengatakan Survei Karakter dilakukan bukan dengan bertanya ke siswa, misalnya apa bunyi sila kedua Pancasila.

"Poinnya adalah asas-asas seperti gotong royong, seperti keadilan, seperti kebinekaan, seperti toleransi. Hal-hal seperti ini akan kita ubah dengan format yang sangat simpel, dengan survei, untuk menanyakan apakah ini anak dikondisikan dengan aman," paparnya.


"Apakah dia di-bully di kelas? Apakah dia mendapat tekanan dari murid, orang tua, maupun guru di dalam lingkungan dia? Apa dia stres? Apa dia diberi ajaran yang tidak toleran? Apakah dia diberi kesempatan untuk menikmati, untuk beropini, untuk mengutarakan pendapatnya?" imbuh Nadiem.

Nadiem memastikan konsep Asesmen Kompetensi dan Survei Karakter akan berlaku sebagai pengganti UN pada 2021 mendatang. Dia menyebut konsep itu akan dijalankan di tengah-tengah masa pendidikan.

"Ini akan dilakukan, harapannya di SD, SMP, dan SMA. Tapi, yang tadinya UN itu di akhir jenjang, sekarang kita lakukan asesmen ini di tengah jenjang," jelasnya.
Halaman

(zak/azr)