Ketua DPR Hormati Putusan MK soal Jeda 5 Tahun Eks Koruptor Maju Pilkada

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 12 Des 2019 15:24 WIB
Foto: Ketua DPR Puan Maharani (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Foto: Ketua DPR Puan Maharani (Rolando Fransiscus Sihombing/detikcom)
Jakarta - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait jeda eks koruptor baru bisa ikut pilkada setelah 5 tahun keluar penjara harus dihormati semua pihak. Puan meminta semua partai politik harus melihat rekam jejak setiap calonnya.

"Artinya kita harusnya menghormati putusan yang sudah dilakukan oleh MK. Untuk pilkada ke depan ini, bukan hanya pilkada ke depan, pilkada yang akan datang itu tentu saja artinya semua partai politik harus melihat rekam jejak calon-calonnya apakah kemudian sudah melewati jeda 5 tahun terkait hal-hal yang seperti itu," kata Puan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/12/2019).



Puan pun mengingatkan bahwa keputusan MK tersebut bukan hanya untuk terpidana korupsi. Dia mengatakan, putusan tersebut juga berlaku bagi terpidana kasus lainnya.

"Kan ini bukan hanya untuk terpidana korupsi saja, tapi juga terpidana lainnya. Ya kita hormati keputusan MK," ujar Puan.

Selain rekam jejak, Puan pun meminta partai politik mencalonkan yang sesuai harapan masyarakat. Dia pun sekali lagi menekankan untuk menghormati keputusan MK.

"Kita hormati dan kita cari orang yang memang punya rekam jejak yang sesuai harapan masysrakat," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2