Bandara Soetta Diprediksi Layani 200 Ribu Penumpang Saat Libur Natal

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 20:56 WIB
Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (Foto: Kadek/detikcom)


Awaluddin juga memastikan pihaknya siap melayani penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru. Segala kebutuhan mulai dari personel hingga sarana dan prasarana pendukung telah dipenuhi.

"Apa saja yang menjadi standar di setiap periode peak season itu terkait kecukupan, pertama terkait kecukupan personel. Jadi kecukupan personel itu harus mengikuti standar dan aturan yang memang operasi bandara di masa sibuk. Itulah kenapa rata-rata kebanyakan hampir setiap periode peak season tuh kita nggak pernah cuti manajemen dan karyawan," kata Awaluddin.



Kecukupan personel di bandara meliputi personel pemadam kebakaran hingga keamanan bandara.

"Petugas operasi itu kalau di bandara, satu aviation security, kedua pemadam kebakaran dan pengawal yang berkaitan dengan kegiatan untuk kepastian bahwa safety dan operasi penerbangan itu bisa terjamin. Yang ketiga itu petugas yang berkaitan di ground operation AMC," ujar dia.

Awaluddin mengatakan hal selanjutnya yang menjadi persiapan untuk libur Natal dan Tahun Baru adalah pemenuhan Standar Operating Procedure (SOP). Semua pihak diharapkan menaati SOP dalam melaksanakan kinerjanya.

"Kedua yang harus dijaminkan dalam angkutan Natal, Tahun Baru, Lebaran itu adalah pemastian terhadap proses. Jadi SOP itu harus bekerja optimal, sehingga memang seluruh pemastian terhadap standar SOP berkaitan operasi bandara termasuk hubungan dengan mitra kerja dan stakeholder harus terimplementasi dengan baik," tutur dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3