Ikatan Guru Indonesia: Seharusnya Ujian Nasional Dihapus Mulai 2020

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 16:46 WIB
Foto: Ilustrasi guru memeluk murid (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra.)

Dia pun setuju dengan keputusan Mendikbud untuk menghapus UN. Namun, yang terpenting, kata dia, ialah tentang bagaimana format ini bisa menghemat anggaran besar.

"Saat ini sebenarnya sudah jalan namanya asesmen kompetensi siswa Indonesia atau aksi tinggal, mungkin butuh disederhanakan. Kami mengusulkan agar dibuat sistem yang mampu menghemat anggaran besar, mungkin agar anggaran pendidikan kita untuk bisa lebih difokuskan pada upaya kita mencukupkan guru-guru di seluruh Indonesia," ungkapnya.


Sebelumnya, format seperti Ujian Nasional 2020 akan menjadi yang terakhir. Mendikbud Nadiem Makarim menyebut program pengganti Ujian Nasional akan mulai berlaku pada 2021.

"Untuk 2020, UN akan dilaksanakan sesuai seperti tahun sebelumnya. Jadi 2020, bagi banyak orang tua yang sudah investasi buat anaknya belajar mendapat angka terbaik di UN itu silakan lanjut untuk 2020. Tapi itu hari terakhir UN seperti format sekarang diselenggarakan," kata Nadiem saat rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12).
Halaman

(rdp/imk)