BKIPM Makassar Telusuri Ikan Oarfish di Selayar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 15:09 WIB
Foto: Ikan Oarfish ditangkap di Selayar (dok ist)
Makassar - Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Makassar menelusuri keberadaan bangkai ikan Oarfish, yang ditangkap nelayan Selayar.

Kepala BKIPM Makassar Sitti Chadijah menyebut dirinya baru kali ini mendapatkan informasi keberadaan oarfish.

"Baru kali ini kami mendapatkan informasi terkait ikan ini (oarfish), belum pernah juga melihat bentuknya langsung, kami masih telusuri ikan tersebut di mana, selama di sini baru dapat informasi ikan itu, tidak ada juga pelaporan ikan tersebut," ujar Chadijah, Rabu (11/12/2019).





Pihaknya juga sudah menghubungi pihak Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) di Kabupaten Selayar, untuk menelusuri keberadaan ikan tersebut.

"Oarfish ini merupakan ikan pelagis yang ditemukan pada laut tropis. Habitatnya berada pada 200 hingga 1.000 meter di bawah permukaan laut dan jarang terlihat berada di permukaan. Biasanya terlihat ke permukaan karena terbawa arus bawah laut," pungkas Chadijah.

Sebelumnya, BKIPM Makassar yang dibawahi Kementerian Kelautan Perikanan ini juga pernah meneliti bangkai ikan Napoleon sepanjang 149 cm dan berat 50 kg, yang ditemukan nelayan terdampar di Pantai Bira, Bulukumba, awal April 2019.

Hasil penelitian laboratorium BKIPM Makassar, diketahui ikan eksotis yang masuk kategori dilindungi terbatas dan banyak ditemukan di perairan Bulukumba dan Selayar. (mna/fdn)