Sidang Kasus Suap Romahurmuziy

Herannya Hakim soal Eks Menag Lukman Tanya Seleksi Jabatan ke Rommy

Faiq Hidayat - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 14:36 WIB
Terdakwa perkara suap jual-beli jabatan di Kemenag, Romahurmuziy, dalam persidangan bersama rombongan kuasa hukumnya. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Romahurmuziy alias Rommy tidak memiliki jabatan apa pun di Kementerian Agama (Kemenag). Namun majelis hakim heran ketika Lukman Hakim Saifuddin saat aktif sebagai Menteri Agama (Menag) sampai harus bertanya ke Rommy soal seleksi jabatan di kementerian itu.

Bermula dari kesaksian Gugus Joko Waskito yang menjabat staf khusus Lukman saat menjadi Menag. Gugus mengaku pernah diperintah Lukman bertanya pada Rommy--yang saat itu Ketua Umum PPP--mengenai seleksi jabatan di Kemenag.

"Pak Lukman kalimatnya, kurang-lebih, 'Tolong tanyakan kepada Pak Ketum atau Pak Rommy'--saya lupa--untuk Sulbar bagaimana?'" ucap Gugus dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).



"Setelah saya jawab inggih atau iya, baru beliau nanya, termasuk yang Jawa Timur," sambung Gugus.

Saat itu memang Kemenag tengah menyeleksi jabatan untuk Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag untuk Sulawesi Barat dan Jawa Timur. Rommy, yang duduk di kursi terdakwa, memang disebut menerima suap dari Haris Hasanudin untuk mendapatkan jabatan Kakanwil Kemenag Jawa Timur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3