MK Kubur Mimpi Faldo-Tsamara Ikut Pilkada Sebelum 25 Tahun/30 Tahun

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 12:46 WIB
Faldo dan Tsamara bersama penggugat UU Pilkada lainnya. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan terkait batas syarat minimal usia pendaftaran calon kepala daerah. Akibatnya, politikus PSI, Tsamara Amany dan Faldo Maldini, tak bisa maju di Pilkada 2020.

"Amar putusan mengadili menolak permohonan para pemohon," ujar ketua majelis Anwar Usman dalam sidang putusan di MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (11/12/2019).

Gugatan ini diajukan oleh Faldo Maldini bersama Tsamara Amany, Dara Adinda Kesuma Nasution, dan Cakra Yudi Putra di bawah PSI. Faldo dkk menggugat ketentuan Pasal 7 ayat 2 huruf e UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2019 tentang batas usia pendaftaran yang menyatakan:

...berusia paling rendah 30 (tiga puluh) tahun untuk Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur serta 25 (dua puluh lima) tahun untuk Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati serta Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota.


Dalam gugatannya, Faldo menyebut pasal tersebut bertentangan dengan UUD 1945. Penggugat meminta batas usia pencalonan sebagai kepala daerah diturunkan menjadi 21 tahun.

Dalam pertimbanganya, MK memutuskan gugatan Faldo cs yang menyatakan batas usia 30 tahun merupakan pelanggaran terhadap hak politik tidak beralasan menurut hukum. Hal ini disebabkan pemenuhan hak dijamin oleh konstitusi.

"Batas usia 30 tahun bagi calon kepala daerah dalam UU a quo justru merupakan pelanggaran terhadap hak-hal sipil dan politik lainnya, tidak beralasan menurut hukum," ujar hakim MK I Dewa Gede Palguna.


"Sebab, pemenuhan hak atas persamaan perlakuan di hadapan hukum dan pemerintahan yang dijamin oleh konstitusi," sambungnya.

Palguna menyebut, dalam hubungan batas usia dan pengisian jabatan, tidak berarti tidak diaturnya batasan usia. Menurut MK, batasan usia sejalan dengan UUD 1945 Pasal 28 huruf J ayat 2.

"Dalam hubungannnya dengan pengisian jabatan tertentu bukan berarti meniadakan persyaratan atau pembatasan yang secara rasional dibutuhkan oleh jabatan itu. Pembatasnya demikian sejalan dengan Pasal 28 J ayat 2 UUD 1945," tutur Palguna.

MK Kubur Mimpi Faldo-Tsamara Ikut Pilkada Sebelum 25 Tahun/30 TahunI Gede Dewa Palguna (Ari Saputra/detikcom)

Faldo baru berusia 29 tahun dan Tsamara berusia 23 tahun sehingga tidak bisa mencalonkan diri jadi calon kepala daerah. Namun, dalam gugatan ke MK, mereka tidak meminta dengan tegas berapa seharusnya batas minimal calon kepala daerah.

Diketahui, Faldo, yang hengkang dari PAN, hendak maju di Pilgub Sumbar mendatang. Namun usianya kurang satu hari untuk bisa ditetapkan sebagai calon gubernur.

"Niat ada untuk Pilgub Sumbar. Kalau ada gugatan ini, ya kurang sehari saya. Penetapan calon 8 Juli, umur saya itu ulang tahun 9 Juli, kurang sehari gimana mau daftar kalau timeline nggak diundur, saya nggak bisa daftar," kata Faldo di gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/9).




Simak juga video Eks Napi Korupsi Boleh Ikut Pilkada, Ini Kata Gerindra:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(elz/asp)