Pembongkaran Trotoar Cikini Jadi Sorotan, Begini Kondisinya Sekarang

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 11:53 WIB
Trotoar di Cikini jadi sorotan karena dibongkar lagi. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta - Gambar dan video trotoar di daerah Cikini, Jakarta Pusat, dibongkar beredar di media sosial (medsos). Disebutkan trotoar yang dibongkar adalah trotoar yang telah diperbarui.

Pembongkaran tersebut disorot akun Twitter Koalisi Pejalan Kaki, @trotoarian. Akun tersebut menyayangkan pembongkaran trotoar tersebut.

"Mau konfirmasi ke @BinaMargaDKI , ini kenapa trotoar baru, yg guiding block-?ya masih diplastikin udah dibongkar lagi? Kenapa pembangunan ductingnya tidak didahulukan? Perencanaannya bagaimana? Jadi mubazir kan," demikian cuit @trotoarian seperti dilihat detikcom, Rabu (11/12/2019).




Bersamaan dengan posting-an tersebut, diunggah juga foto-foto dan video. Tampak trotoar yang dibongkar tersebut dibiarkan berantakan. Pembongkaran tersebut juga mengenai guiding block yang jadi alat bantu berjalan bagi penyandang tunanetra.

Disebutkan trotoar yang dibongkar tersebut berlokasi di dekat bioskop Metropole. detikcom pun mendatangi lokasi tersebut untuk mengeceknya.

Pantauan detikcom, tampak trotoar yang sudah dibongkar tersebut sudah dirapikan. Tak ada tanah yang berceceran hingga ke jalan. Hanya, trotoar tersebut belum benar-benar rapi. Bekas trotoar yang dibongkar untuk mainhole itu hanya ditutup seng, guiding block pun tampak ikut dibongkar. Selain itu, terlihat juga beberapa puing-puing yang dipinggirkan di atas trotoar.

Tampak mainhole ditutup sengTampak mainhole ditutup seng. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)


Di titik lain, tampak guiding block masih terpasang plastik yang kemungkinan belum dilepas karena baru saja dipasang. Ada juga plastik yang sudah terkelupas di guiding block lainnya.

detikcom menelusuri sisi kiri Jalan Pangeran Diponegoro dari Metropole menuju RS Cipto Mangunkusumo. Di sepanjang jalan, ditemukan sekitar 12 mainhole. Di trotoar sisi lainnya juga ada pengerjaan mainhole.

Puing-puing di atas trotoarPuing-puing di atas trotoar. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)

Salah seorang pegawai Sarana Anugerah Perdana (SAP) yang terlibat dalam revitalisasi trotoar mengatakan mainhole dibuat untuk merapikan kabel-kabel di udara. Nantinya kabel-kabel tersebut akan dimasukkan ke tanah.


Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Kadis Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan akan mengecek kabar soal pembongkaran trotoar tersebut.

"Belum cek. Nanti aku cek ya," kata Hari saat dihubungi.

Tampak plastik masih menempel di guiding blockTampak plastik masih menempel di guiding block. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)




Tonton juga video DPRD DKI Pertanyakan Anggaran Trotoar Capai Rp 1,2 Triliun:

[Gambas:Video 20detik]



Halaman

(jbr/imk)