Mahfud Md soal Dewas KPK: Presiden Lebih Tahu, Nanti Ada Kejutan

Yoki Alvetro - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 19:37 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md (Yoki Alvetro/detikcom)
Menko Polhukam Mahfud Md (Yoki Alvetro/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan ada banyak nama yang masuk untuk mengisi posisi Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Namun, menurutnya, pemilihan Dewas saat ini merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Nama kan banyak yang masuk ya, tapi kita tidak tahu mengerucut ke mana gitu. Biarkan saja presiden sesuai undang-undang untuk pertama kali dewas itu diangkat oleh presiden. Hak prerogatif," kata Mahfud saat ditemui di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (10/12/2019).

Namun, Mahfud mengatakan tak menutup kemungkinan bila di periode selanjutnya, pemilihan Dewas KPK dilakukan lewat tim seleksi. "Nanti untuk berikutnya mungkin pakai timsel," tuturnya.


Saat ditanya soal usul kriteria sosok Dewas KPK yang diajukan, Mahfud mengatakan Jokowi yang lebih tahu. Namun, Mahfud mengatakan akan ada kejutan soal sosok Dewas KPK yang dipilih Jokowi.

"Presiden sudah lebih tahu kriterianya. Tapi nanti akan jadi kejutan bahwa dewannya baik-baik," kata Mahfud.

Kandidat Dewas KPK yang akan dipilih Jokowi masih abu-abu. Ketua KPK Agus Rahardjo pun mengaku dalam posisi menunggu penetapan siapa saja 'penghuni' Dewas KPK. Kelak Dewas KPK akan dilantik bersama-sama dengan Pimpinan KPK periode 2019-2023.

Selanjutnya
Halaman
1 2