Beda dari Pimpinan KPK Terpilih, Saut Harap Hari Antikorupsi Tetap Dirayakan

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 18:28 WIB
Saut Situmorang (Foto: Antara Foto)
Jakarta - Wakil Ketua KPK Saut Situmorang berharap peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) kembali dirayakan tahun depan. Dia yakin setiap kegiatan yang dilakukan memiliki manfaat.

"Terima kasih kegiatan ini mudah-mudah tahun depan kita bikin lagi. Tapi kemarin ada yang bilang hari antikorupsi nggak usah dirayakan, boros katanya. Ya dirayain aja korupsi terus, apalagi nggak dirayain. ini membuat kita hafal apa yang kita kerjakan, maksudnya jangan pernah berpikir kegiatan hari ini tidak ada manfaatnya. Paling nggak kita yang di sini yakin," kata Saut di gedung ACLC Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).

Hal itu disampaikan Saut saat menutup Festival Media Digital Pemerintah. Festival Digital Pemerintah merupakan rangkaian peringatan Hakordia 2019.



Pada acara itu, Saut juga berpesan untuk berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Sebab, ia mengatakan rekam jejak digital dalam media sosial saat ini dijadikan pertimbangan lembaga pemerintahan dalam merekrut karyawan.

"Jangan ngomong sembarang di Facebook pada saat mau lamar KPK, saat di-track pada maki-maki temannya dan nanti tim seleksi akan lihat, 'Oh ini karakternya jelek'. Begitu juga dengan sehari-hari kita kalau itu memang pemimpin kita agak lambat, agak gaptek sebaiknya memang diingatkan saja," ucapnya.

Selain itu, dia juga meminta lembaga pemerintahan ke depan lebih kreatif dalam memberikan informasi ke publik agar tidak ketinggalan zaman. Menurutnya, teknologi terus berkembang setiap tahunnya.

"Bahwa digital itu kecepatannya 2 kali lipat bertambah. Nah kecepatan yang bertambah itu menantang kita untuk kemudian kita mengikut kecepatan itu. Apakah itu lewat streaming-nya, gambarnya atau teksnya. Ini setiap tahun, 18 bulan kecepatannya double. Itu terlihat dari sekarang. Kalau kita tertinggal dan konten kita tidak kreatif, teknologi maju, kalau kita nggak naik teknologi berubah terus kita akan kegilas," sebutnya.
selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2