MenPAN-RB ke Para ASN: Jadi PNS Jangan Memburu Eselon!

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 17:02 WIB
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo (Marlinda/detikcom)


Tjahjo menyampaikan hal tersebut diawali dengan memberi penjelasan bahwa tujuan besar dari visi-misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dapat diwujudkan, salah satunya, dengan peningkatan pelayanan masyarakat. Dia juga menyinggung soal tata kelola birokrasi pusat dan daerah.

"Jadi secara prinsip visi misi Bapak Presiden Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin dari 4 visi-misi itu kuncinya ada pada percepatan melakukan reformasi birokrasi, khususnya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, yang kedua, mempercepat proses perizinan yang intinya membangun tata kelola pemerintahan pusat dan daerah," ungkapnya.

Selain pelayanan, ia menyinggung soal reformasi birokrasi sebagai penunjang visi-misi pemerintah tersebut. "Itulah arahan pak presiden, di mana visi-misi beliau salah satu program prioritas dari 4, salah satunya adalah reformasi birokrasi," ucap Tjahjo.

Dia mengatakan, jika hal tersebut dapat dilakukan, akan ada banyak hal yang dapat diwujudkan. Tjahjo menyebutkan di antaranya peningkatan sumber daya manusia dan regulasi birokrasi.

"Kalau itu berhasil, akan mendukung program peningkatan sumber daya manusia, meningkatkan kualitas infrastruktur, meningkatkan kualitas regulasinya, yang prinsipnya bagaimana memangkas birokrasi yang panjang menjadi lebih pendek," tuturnya.
Halaman

(jef/rvk)