Laporan dari Madrid

Jaga Kelestarian Alam, Oppie Andaresta Hidup Tanpa AC di Rumah

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Selasa, 10 Des 2019 15:53 WIB
Penyanyi Oppie Andaresta di Paviliun Indonesia dalam ajang Konferensi Perubahan Iklim (UNFCCC-COP25) di Feria de Madrid. (Amelia/detikcom)
Madrid - Penyanyi Oppie Andaresta punya cara sendiri untuk melestarikan lingkungan hidup. Salah satunya dengan tidak menggunakan penyejuk udara (AC) di kediamannya.

Menurut penyanyi kelahiran Januari 1973 ini, menjaga kelestarian lingkungan sangat penting sebagai upaya mengatasi perubahan iklim global. Upaya ini harus dimulai dari diri sendiri.

"Sebetulnya yang bisa kita lakukan masing-masing per orang bisa melakukan sesuatu, dampaknya, kalau kita bisa melakukan orang per orang, sendiri-sendiri, kemudian itu jadi masif, asal disiplin," kata Oppie.


Hal itu diungkapkan Oppie di Paviliun Indonesia dalam ajang Konferensi Perubahan Iklim (UNFCCC-COP25) di Feria de Madrid, Madrid, Spanyol, Senin, 9 Desember 2019. Oppie sempat menyanyikan lagu karyanya tentang lingkungan hidup berjudul 'The Change is Sweet' pada saat pembukaan diskusi.

Menurut Oppie, perubahan dapat dilakukan dengan hal-hal kecil dan sederhana, salah satunya dengan tidak menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Hal ini ia terapkan sejak dulu.

"Dari zaman nenek kita, nenek kita sudah melakukan yang ramah lingkungan, listriknya irit, di rumah nenek saya, yang kebetulan di rumah saya juga, kami tidak menggunakan AC," kata Oppie.

Untuk menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas, Oppie pun menanam pohon besar di halaman rumahnya. Pohon juga berfungsi untuk menyerap karbon dioksida.

"Jadi rumah saya kebetulan halamannya besar, ada pohon-pohon, (sehingga) kami tidak menggunakan AC, jadi listrik hemat," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2