Bobol ATM Minimarket di Tangsel Pakai Mesin Las, Alan Ditangkap

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Senin, 09 Des 2019 22:25 WIB
Polsek Pondok Aren melakukan olah TKP pembobolan ATM minimarket. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Polisi meringkus Alan Mustika (23), pelaku pembobol ATM di Pondok Aren, Tangerang Selatan. Alan membobol ATM di sebuah minimarket menggunakan mesin las.

"Ya pelaku pembobol ATM di Pondok Aren kita amankan. Itu kerugiannya Rp 800 juta," kata Kapolsek Pondok Aren, Kompol Afroni Sugiarto, saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (9/12/2019).


Afroni mengatakan kasus itu terjadi pada Jumat (6/12) di sebuah minimarket di Pondok Aren. Alan membobol ATM bersama dua orang lainnya menggunakan satu unit mobil.

Pelaku masuk ke minimarket dengan cara memanjat dari atap minimarket. Kelompok itu kemudian merusak ATM menggunakan mesin las.

Mesin ATM yang dibobol pakai mesin lasATM yang dibobol pakai mesin las. (Foto: Istimewa)


"Para pelaku melakukan pencurian dengan cara masuk ke dalam Indomaret membongkar genteng kemudian pelaku membongkar mesin ATM BCA yang berada di dalam Indomaret menggunakan las oksigen, tabung gas, dan linggis," ungkap Afroni.

Kelompok itu kemudian berhasil mengambil uang sebesar Rp 800 juta dan melarikan diri. Aksi pembobolan itu terekam CCTV.

"Tiga hari kemudian baru kita tangkap tersangka di jalan arah Ciledug perbatasan antara Pondok Aren," jelas Afroni.


Mesin las yang dipakai ketiga pelaku untuk membobol mesin ATMMesin las yang dipakai ketiga pelaku untuk membobol ATM. (Foto: Istimewa)

Dari tangan tersangka, polisi menyita mobil yang sering digunakan kelompok tersebut beraksi. Polisi juga menyita alat las, gas, senjata tajam, hingga uang tunai hasil kejahatan sekitar Rp 600 juta.

Hingga saat ini, polisi masih menyelidiki kasus tersebut. Polisi juga masih memburu 2 pelaku lainnya dari kelompok ini.
Halaman

(sam/jbr)