Amien Rais: Bangsa yang Memusuhi Agama Biasanya Hancur!

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 09 Des 2019 18:02 WIB
Foto: Amien Rais (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Foto: Amien Rais (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengatakan bahwa pertumbuhan demokrasi di sebuah negara memerlukan beberapa persyaratan. Persyaratan yang dimaksud Amien adalah budaya demokrasi hingga moral demokrasi dan tidak memusuhi agama.

"Saudara sekalian, biasanya demokrasi itu memang tidak bisa tumbuh subur bisa menjadi anutan kebanyakan rakyat di sebuah bangsa karena memerlukan beberapa prasyarat yang perlu dipenuhi," ujar Amien saat memberikan pengarahan pada Workshop Anggota DPRD PAN se-Indonesia di Hotel Redtop, Pecenongan, Jakarta Pusat, Senin (9/12/2019).


Persyaratan pertama untuk menciptakan negara demokrasi menurut Amien adalah semua institusi harus berwatak demokratis. Apabila institusi tersebut memiliki kepentingan lain maka demokrasi tidak akan terwujud.

"Yang pertama itu ada institusi demokrasi yang berjalan dengan betul sesuai dengan konsepnya, aturan mainnya. Jadi ingat demokrasi itu jadi strong democracy, demokrasi yang sehat kalau ada institusi yang juga berwatak demokratis. Bukan DPR, MPR dan yang lain disusupi dengan kepentingan-kepentingan sehingga institusi yang wajahnya demokratis tapi isinya sudah oligarkis. Hanya sementara orang bisa mengendalikan perjalanan sebuah bangsa," kata dia.


Politikus senior PAN tersebut mengatakan demokrasi juga dipengaruhi oleh sejarah bangsa. Amien mengatakan, sebelum Indonesia berdiri, masyarakat pada awalnya diperintah oleh para raja.

"Kedua, sesungguhnya demokrasi juga membutuhkan democratic culture, kebudayaan demokratis. Nah terus terang ini maaf apa adanya, ini bangsa kita ini dulu kan lama sekali berabad-abad itu diperintah oleh para raja. Di Sumatera kerajaan, Jawa kerajaan, Kalimantan kerajaan, di mana-mana kerajaan," kata dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2