Jokowi: Kesadaran Antikorupsi Harus Besar-besaran dan Masif

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 09 Des 2019 12:52 WIB
Presiden Jokowi/Foto: Andhika Prasetia-detikcom/
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pemerintah memberikan kesadaran soal antikorupsi. Jokowi berpesan kesadaran antikorupsi harus dilakukan secara masif.

"Jadi, kita ingin memberikan kesadaran besar mengenai antikorupsi. Kesadaran antikorupsi ini penting dan harus dilakukan secara besar-besaran dan masif," kata Jokowi di SMKN 57, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Jokowi mengatakan, pendidikan antikorupsi penting diberikan sejak dini. Apalagi, kata Jokowi, Indonesia memiliki puluhan ribu siswa yang akan menjadi pemimpin di masa depan.




"Oleh sebab itu kesadaran mengenai antikorupsi harus diberikan sejak dini, sejak awal sehingga semuanya sadar korupsi itu tidak betul, tidak benar, tidak boleh dilakukan oleh siapa pun jadi penekanan itu yang ingin kita berikan," kata Jokowi.

Untuk saat ini, Jokowi juga berbicara mengenai strategi pencegahan korupsi. Seperti masalah rekrutmen politik untuk menjaring kepala daerah hingga caleg.

"Itu harus dibicarakan dengan partai-partai politik sistem rekrutmen politik yang paling murah ini yang perlu dibicarakan," ujar Jokowi.

Pun demikian dengan pengadaan barang. Jokowi ingin adanya perbaikan sistem.

"Harus diperbaiki terus sehingga memperbaki sistem hal yang penting kita lakukan e-proc sudah ada e-tendering sudah ada tapi masih ada seperti ini, aritnya harus ada perbaikan sistem," kata Jokowi. (dkp/fdn)