Satgas Saber Pungli: Kemendagri, Kemenhub, dan BPN Paling Banyak Dilaporkan

Sachril Agustin - detikNews
Senin, 09 Des 2019 12:48 WIB
Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Widiyanto Poesoko (Sachril/detikcom)
Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Widiyanto Poesoko (Sachril/detikcom)
Bogor - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) mencatat ada 3 nama kementerian yang paling banyak diadukan masyarakat. Ketiga instansi ini dilaporkan karena banyak pungli.

"Pemerintah-pemerintahan, jadi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sampai ke bawah. Iya Kemendagri, kedua, Kementerian Kemenhub (Kemenhub); ketiga, Kementerian ATR/BPN," kata Sekretaris Satgas Saber Pungli Irjen Widiyanto Poesoko usai acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar Tahun 2019 di Aston Bogor Hotel and Resort, Bogor Nirwana Residence, Kota Bogor, Senin (9/12/2019).



Widiyanto menjelaskan, sejak Satgas Saber Pungli dibentuk 3 tahun lalu, 3 kementerian ini adalah instansi yang banyak diadukan masyarakat. Dia mengatakan Kemendagri, Kemenhub, dan Kementerian ATR/BPN sering dilaporkan karena ada penguatan liar dalam pemberian pelayanan publik.

"Banyak yang menyentuh masyarakat. Contoh pembuatan sertifikat, pembuatan perizinan-perizinan perhubungan, kelautan, kemudian masalah perizinan AT (akta tanah), pembuatan surat keterangan. Ini yang masih menjadi dominasi laporan masyarakat," lanjutnya.


Jokowi: Hati-hati, Saya Akan Hajar Pungli!

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2