Beredar Surat Pemberhentian Kartu Sehat Bekasi Tahun 2020, Ini Kata Pemkot

Isal Mawardi - detikNews
Senin, 09 Des 2019 09:19 WIB
Foto: Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto (Isal/detikcom)
Foto: Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto (Isal/detikcom)
Jakarta - Beredar foto surat edaran pemberhentian Kartu Sehat (KS) Bekasi di media sosial. Dalam surat itu tertulis bahwa pelayanan kartu sehat diberhentikan pada Januari 2020.

Surat tersebut tertanggal 29 November 2019 dengan nomor 440/7894/DINKES. Pada bagian kop surat terdapat lambang garuda dengan tulisan 'Wali Kota Bekasi' di bawahnya.

"Bahwa program Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah) KS-NIK diberhentikan sementara terhitung mulai 1 Januari 2020," demikian bunyi surat edaran itu seperti yang dilihat detikcom, Senin (9/12/2019).


Pemberhentian itu disebut-sebut karena pemerintah daerah tidak diperkenankan mengelola sendiri jaminan kesehatan daerahnya dengan manfaat yang sama dengan jaminan kesehatan nasional (BPJS).

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto membantah Kartu Sehat diberhentikan pada Januari 2020. Ia berkilah Kartu Sehat masih dapat beroperasi tahun depan.

"Bukan diberhentikan tapi masih diperbolehkan yang penting tidak double cover. Misalnya you sakit sakitnya A, penyakitnya A, B, C kemudian BPJS hanya mengcover (penyakit) A logikanya (penyakit) B & C bisa di cover oleh KS kalau membaca surat yang dikeluarkan," kata Tri di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.


Selanjutnya
Halaman
1 2