Komisi E DPRD DKI Pertanyakan Anggaran Pembangunan Puskesmas di Kecamatan

Dwi Andayani - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 22:04 WIB
Komisi E DPRD DKI (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Komisi E DPRD DKI (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Komisi E DPRD DKI Jakarta mempertanyakan anggaran dana pembangunan puskesmas di kecamatan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes). Dinkes diketahui menganggarkan pembangunan Rp 9 juta per meter.

"Dinas Pendidikan kan bangun sekolah saya hitung per meternya itu cuma Rp 5,6-5,8 juta. Dinas Kesehatan bangun Puskesmas, begitu satuan per meter Rp 9 juta, kenapa?" ujar Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Iman Satria dalam rapat di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu (8/12/2019).


Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Tenaga Kesehatan Purwadi mengatakan pembangunan puskesmas berbeda dengan pembangunan lain. Menurutnya, puskesmas ini nantinya telah dilengkapi dengan berbagai teknologi.

"Pembangunan puskesmas memang cukup berbeda dengan bangunan lain menurut analisis kami, ini bangunan tidak termasuk bangunan yang sederhana karena sudah menggunakan berbagai teknologi termasuk masuk perlengkapan suara, lift termasuk inpalnya," kata Purwadi.


Anggota komisi E Merry Hotma kemudian menanyakan kekhususan dari puskesmas tersebut. Menurutnya, hal ini perlu dijabarkan agar dapat dipertanggung jawabkan dalam rapat Banggar.

"Kekhususannya apa pak? Coba jelaskan tadi ada lift, biar nanti kita bisa pertanggung jawabkan," kata Merry.

Selanjutnya
Halaman
1 2