Mulfachri soal Isu DPD PAN Ditekan untuk Dukung Zulhas: Itu Rumor, tapi...

Mochamad Zhacky - detikNews
Minggu, 08 Des 2019 16:37 WIB
Mulfachri Harahap (Lamhot Aritonang/detikcom)

Diberitakan sebelumnya, pendiri PAN Putra Jaya Husin mensinyalir ada intimidasi kepada para DPD agar memilih Zulhasi sebagai Ketum PAN. Salah satu yang merasa mendapat intimidasi itu adalah Djainuddin Damopolii, yang merupakan mantan Ketua DPD Kotamobagu, Sulut.

Djainuddin mengaku diberhentikan dari posisinya secara sepihak pada September lalu karena tidak sejalan dengan arahan Zulkifli. Ia menuding Zulkifli pernah mengundang seluruh DPW memberikan arahan terstruktur dari DPP ke pengurus wilayah untuk mendukung kembali menjadi ketum.

Bahkan Djainuddin mengatakan ketua pengurus di wilayahnya, yaitu Sulawesi Utara, mengklaim semua DPD mendukung Zulhas. Djainuddin, yang kala itu menjadi Ketua DPD Kotamobagu di wilayah tersebut, tidak sepakat.

"Tapi beberapa DPD ada yang membuat ada yang tidak sehingga ini terlibat ada konspirasi yang membentuk secara terstruktur untuk meminta DPD yang punya hak suara ini untuk mendukung kembali ZH," tutur Djainuddin, Jumat (6/12).

"Kemudian di kami sulit sama tadi karena terindikasi tidak sejalan, jadi beberapa DPD yang tidak sejalan itu langsung di-plt semua. Bersamaan saya itu 3 DPD (yang dicopot) dari total 15 DPD itu terjadi bulan September. Itu sepihak di-Plt, kemudian tidak dibuka lagi ruang klarifikasi," tambahnya.


Simak Video "30 DPW Dukung Zulhas Jadi Ketum PAN Lagi"

[Gambas:Video 20detik]


(zak/imk)