Komisi E DPRD DKI Tanyai Dinsos soal Pengemis Tajir Berduit Rp 194 Juta

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 14:15 WIB
Foto: Raker Komisi E DPRD DKI Jakarta bareng Dinsos (Lisye Sri Rahayu-detikcom)
Foto: Raker Komisi E DPRD DKI Jakarta bareng Dinsos (Lisye Sri Rahayu-detikcom)
Jakarta - Komisi E DPRD DKI Jakarta menggelar rapat kerja bersama Dinas Sosial (Dinsos) DKI untuk membahas Raperda APBD 2020. Masalah sosial seperti pengemis yang masih ada di Jakarta menjadi sorotan, termasuk soal pengemis tajir yang kedapatan membawa duit Rp 194,5 juta.

Rapat digelar di ruangan Komisi E DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (6/12/2019). Awalnya Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Yayat Duhayat, memaparkan rencana anggaran untuk pemulangan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Jakarta yang tak terserap semuanya karena PMKS yang menurun pada tahun 2019.

"Dinas sosial di samping melakukan penjangkauan tadi sudah disebutkan anggaran kegiatan pemulangan ke daerah asal yang sudah berjalan tahun kemarin adalah ke Jabar dan Jateng. Tahun kemarin itu Rp 4 ratus jutaan yang terserap Rp 313 juta," ujar Yayat.



Penjelasan itu langsung direspons oleh Ketua Komisi E DPRD DKI, Iman Satria, yang mempertanyakan apakah anggaran tahun ini akan terserap semuanya atau tidak. Yayat kemudian menjawab kalau anggaran pemulangan PMKS di tahun 2020 memang diturunkan.

"Untuk sekarang anggarannya diturunkan juga dan volume pemulangan dikurangi," kata Yayat.

Yayat mengatakan penurunan pemulangan PMKS karena adanya petugas Dinsos yang berjaga di titik rawan PMKS. Petugas tersebut berjaga sepanjang hari.

"Tapi penurunan PMKS jalanan ini imbas dari ada petugas P3S (Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial) yang selelu menghalau titik rawan yang ada di DKI. Mereka bekerja itu dari pagi jam 7 sampai jam 11 malam dengan dua sif. Titik rawan selalu dipantau dengan ada teman-teman lapangan, PMKS mengalami penurunan," tutur Yayat.

Simak Video "''Mendadak Kaya'', dari Pengemis Hingga Bergelimang Harta"


Selanjutnya
Halaman
1 2 3