Apakah Memakai Topeng di Punggung Ampuh Hindari Serangan Harimau?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 06 Des 2019 13:43 WIB
Foto: Harimau Sumatera (Australia Plus ABC)
Foto: Harimau Sumatera (Australia Plus ABC)
Palembang - Serangan harimau sumatera terjadi berulang kali di Pagaralam hingga Lahat, Sumatera Selatan. Polisi dan BKSDA setempat mengimbau warga untuk memakai topeng di bagian belakang kepala untuk menghindari serangan harimau. Apakah cara ini efektif?

Peneliti mamalia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof Gono Semiadi menjelaskan bahwa cara ini memang bisa mengecoh harimau. Dia mengatakan bahwa harimau memang kerap menyerang dari belakang, lantaran itu titik terlemah mangsanya.

"Harimau akan menyerang bagian leher setiap mangsanya sebagai titik mematikan. Mudahnya ya leher bagian belakang karena titik lemah mangsa dalam menghindari serangan," kata Gono saat dihubungi, Jumat (6/12/2019).


Dia menyebut, bahwa memakai topeng di bagian belakang atau punggung memang pernah dilakukan untuk mengecoh harimau di India. Cara ini membuat harimau kebingungan.

"Ya di India ada, pernah cara menghindari dengan memasang topeng muka dipakai dengan maksud untuk membingungkan harimau. Harimau menghindari berhadapan langsung dengan manusia," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3