Petugas Damkar Makassar Evakuasi Ular Piton 4 Meter di Rumah Kosong

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 19:01 WIB
Tim animal rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar berhasil mengevakuasi ular piton sepanjang 4 meter. (Dok. Damkar Makassar)
Tim animal rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar berhasil mengevakuasi ular piton sepanjang 4 meter. (Dok. Damkar Makassar)
Makassar - Tim animal rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar berhasil mengevakuasi ular piton sepanjang 4 meter yang bersembunyi di saluran air rumah warga Jalan Adipura, Kelurahan Karuwisi Utara, Panakkukang.

Komandan Regu Damkar Makassar yang mengevakuasi ular piton, Hamzah, mengatakan piton dievakuasi dari rumah Ibu Nining. Rumah ini sudah lama kosong.

Tim animal rescue Damkar Makassar, yang menerima laporan sekitar pukul 15.00 Wita, Kamis (5/11/2019), langsung meluncur ke lokasi yang dilaporkan warga.

Tim Damkar yang berjumlah 7 orang berhasil mengevakuasi ular piton sekitar pukul 17.15 Wita yang terjebak di pipa saluran air. Tim Damkar berusaha menyemprotkan air agar piton ini keluar dari pipa saluran buangan.


Setelah piton keluar dari pipa, petugas langsung menjepit kepalanya dan dibelit menggunakan lakban lalu memasukkannya ke dalam karung.

"Ular piton ini pertama dilihat warga yang ingin mengontrak rumah, diduga ular ini bukan satwa peliharaan, karena keberadaannya di rumah yang sudah lama tidak ditinggali pemiliknya," ujar Hamzah.

Setelah dievakuasi petugas, reptil yang memiliki nama ilmiah Phyton bivittatus ini kemudian diamankan ke Mako Damkar Makassar. Diduga ular ini berasal dari kawasan semak-semak yang tidak jauh dari kompleks Griya Adipura. (mna/fdn)