Tepis Renovasi Mattoanging Rp 200 M, Banggar DPRD Sulsel: Rp 150 M Dulu

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 17:39 WIB
Ilustrasi Gedung DPRD Sulsel (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Ilustrasi Gedung DPRD Sulsel (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Makassar - DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) menyetujui rencana Pemprov Sulsel untuk merenovasi Stadion Andi Mattalatta, Mattoanging. Namun Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulsel hanya menyetujui anggaran sebesar Rp 150 miliar dari Rp 200 miliar yang diusulkan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel.

Anggota Banggar DPRD Sulsel, Selle KS Dalle, menepis pernyataan Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis yang sebelumnya menyebut anggaran renovasi Mattoanging di rencana kerja anggaran (RKA) tetap Rp 200 miliar.

"Dimaklumi kalau Dispora sebagai OPD teknis sangat berharap agar tetap Rp 200 miliar sebagaimana usulan awalnya, satu sisi DPRD mengusulkan cukup Rp 150-an miliar saja dulu, semua itu sifatnya berupa usulan dalam rancangan APBD," kata Selle saat dimintai konfirmasi di Makassar, Kamis (5/12/2019).

Pertimbangan DPRD Sulsel menyetujui anggaran renovasi Mattoanging sebesar Rp 150 miliar agar Pemprov Sulsel menuntaskan terlebih dahulu detail engineering design (DED) dari renovasi Mattoanging. Ke depan, DPRD akan menambah lagi anggaran renovasi Mattoanging.





"Pada prinsipnya kita setuju penataan Mattoanging, pemeliharaan Mattoanging kita setuju, bahkan bisa menjadi ikon baru itu (Mattoanging) ke depan. Tapi kan DED-nya harus tuntas dulu, bisa jadi lebih dari itu yang kita kasih tahun depan," ujarnya.

Selle menyebut Ranperda APBD Sulsel saat ini tengah memasuki tahap evaluasi oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Masih ada peluang RAPBD Sulsel berubah setelah evaluasi Kemendagri.

"Ini kan RAPBD belum selesai kita bahas, nanti tuntas kita bahas setelah evaluasi Kemendagri keluar, baru kemudian kita melakukan penyerasian. Setelah melakukan penyerasian, kita kirim ke Kemendagri baru mendapatkan nomor registrasi, terus berubahlah menjadi APBD," jelas Selle.





"Sekarang ini kan semua sifatnya masih rancangan, jadi bahwa kemudian Dispora ngotot tetap Rp 200 miliar, itu tentu kita sangat memahami bahwa dia berharap. Tetapi kita mengarahkan seperti itu (Rp 150 M dulu). Nah itu bergantung juga dari hasil evaluasi Kemendagri," imbuhnya.

Selain menyetujui Rp 150 miliar untuk tahap awal renovasi Mattoanging, DPRD meminta Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyelesaikan sengketa Mattoanging dengan Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS).

"Untuk awal DED-nya dulu tuntaskan, sembari kita beri kesempatan kepada Pak Gubernur untuk melakukan komunikasi secara kekeluargaan dengan pihak-pihak yang selama ini juga turut bertanggung jawab memelihara Mattoanging," ujarnya. (nvl/fdn)