Cak Imin Desak Negara Besar Bertanggung Jawab Memulai Kerusakan Bumi

Laporan dari Madrid

Cak Imin Desak Negara Besar Bertanggung Jawab Memulai Kerusakan Bumi

Mei Amelia Rahmat - detikNews
Kamis, 05 Des 2019 02:31 WIB
Muhaimin Iskandar (Mei Amelia/detikcom)
Muhaimin Iskandar (Mei Amelia/detikcom)
Madrid - Indonesia mendesak negara-negara maju menunjukkan komitmen menurunkan emisi sebagai bentuk tanggung jawab atas perubahan iklim. Negara-negara maju dianggap berkontribusi atas perubahan iklim yang ekstrem.

"Kita mendesak, mendorong negara-negara maju. Saya ingin menggarisbawahi sedikit, Indonesia memiliki posisi bargaining yang cukup menentukan," kata Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Paviliun Indonesia pada COP25 di Madrid, Rabu (4/12/2019).



Cak Imin menyebut negara-negara maju berkontribusi dalam kerusakan alam. Untuk itu, perlu ada ketegasan dari negara-negara berkembang.

"Jangan segan-segan agak ngambek, agar negara-negara yang memulai kerusakan dunia ini, negara-negara besar yang memulai merusak bumi ini mempunyai tanggung jawab yang besar dan negara berkembang yang dituntut," katanya.

"Apalagi sebagian besar NGO juga mengkritik COP juga sebagai cara-cara negara besar memecuti negara berkembang," sambungnya.

Ia menambahkan semua pihak harus saling mendukung dalam mengatasi perubahan iklim ini.

"Dalam menghadapi tantangan implementasi penuh Kesepakatan Paris, semua pihak perlu saling mendukung, baik antarnegara maju, antarnegara berkembang, maupun kemitraan antara negara maju dan negara berkembang," katanya.
Selanjutnya
Halaman
1 2