Cerita Prabowo 'Tanpa Negara' dan Momen Ingin Pulang dari Yordania

Pasti Liberti Mappapa - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 19:48 WIB
Prabowo Subianto (Dok Facebook Prabowo Subianto)

Prabowo pernah mencuit soal Yordania pada akun Twitter-nya. "Bicara mengenai Raja Yordania, mungkin sebagian dari sahabat tahu saya tidak akan pernah lupa akan kebaikan beliau," tulis Prabowo pada 26 Februari 2014 lalu.

Dalam akun Twitter-nya itu, Prabowo mengaku mengasingkan diri ke Yordania karena berbagai macam tuduhan yang dialamatkan pada dirinya. "Kala itu jika ada kucing peliharaan yang hilang di ibukota - mungkin saya Prabowo Subianto yang dituduh mengambil. Lebih baik pergi sejenak," ujarnya.



Menetap di Yordania tak membuat Prabowo lepas dari rumor. Selain soal kewarganegaraan, dia juga pernah dikabarkan menjadi pelatih unit elite dari pasukan khusus yang juga menimbulkan kehebohan para petinggi di tanah air.

Belum lagi masalah masa berlaku paspornya yang habis. Prabowo berupaya memperpanjang paspornya di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Amman. Namun upayanya tersebut terbentur penolakan.

Akhirnya di suatu pagi di sekitar akhir 1999 Prabowo menuju KBRI di Singapura. Saat itu, Luhut Binsar Panjaitan baru saja ditunjuk Presiden Habibie sebagai Dubes untuk Singapura. Luhut merupakan senior Prabowo di Akademi Militer dan pasukan khusus.

Cerita Prabowo 'Tanpa Negara' dan Momen Ingin Pulang dari YordaniaFoto ilustrasi: Prabowo dan Luhut. (Dok detikcom).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6