Laporan dari Madrid

Seloroh Cak Imin di COP25 Madrid: Presiden 3 Periode Isu Penting di RI

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 19:06 WIB
Cak Imin di Paviliun Indonesia, Madrid (Mei Amelia/detikcom)


Cak Imin juga berharap semua pihak terlibat dalam memerangi perubahan iklim ini. Dia pun meminta legislatif menunjukkan keseriusannya dalam mengatasi isu perubahan iklim saat ini.

"Sehingga peran legislatif, baik di tingkat pusat--kalau pusat mungkin sudah--Pak Wamen, nyuwun sewu, kalau DPR RI sudah tercerahkan kok, banyak peran yang sudah kita ambil, baik budgeting, pembuatan undang-undang, kemudian penganggaran," tutur Cak Imin.

Dia menambahkan, isu perubahan iklim merupakan isu yang sangat strategis. Karena itu, Cak Imin pun menyarankan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampil memimpin delegasi RI pada COP25 ini.

"Kalau suasananya sudah mengkhawatirkan, saya kira konsolidasinya harus lebih serius dan saya mohon Bapak Presiden yang memimpin langsung, mungkin di sektor lain tidak terlalu--ya ego sektor kita ini masih nggak keruan--bahkan pertemuan pihak PBB di berbagai sektor, banyak sekali, ego sektornya masih ada," kata Cak Imin.



Menurutnya, akan lebih efektif apabila Presiden yang memimpin langsung delegasi. Hal itu, kata Cak Imin, diperlukan untuk menghilangkan ego sektoral.

"Kalau presidennya yang memimpin, akan lebih cepat konsolidasi. Dan kita memohon kepada Bapak Presiden untuk memimpin langsung konsolidasi aksi time for action. Karena seluruh stakeholder, pengusaha, industri, pelaku ekonomi, pimpinan masyarakat, kelompok adat, tokoh masyarakat, dan seterusnya, terlibat dalam isu ini," paparnya.

Selain itu, Cak Imin mendesak negara maju bertanggung jawab atas perubahan iklim ini. Dia mengatakan Indonesia sebagai negara berkembang sudah saatnya menjadi penentu.

"Saya ingin menggarisbawahi sedikit, Indonesia memiliki posisi bargaining yang cukup menentukan," kata Ketum PKB itu.
Halaman

(mei/mae)