Laporan dari Madrid

Buka Paviliun Indonesia, Cak Imin: RI Harus Jadi Pionir Perangi Perubahan Iklim

Mei Amelia R - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 18:21 WIB
Cak Imin di Paviliun Indonesia di Madrid (Foto: Mei Amelia/detikcom)
Madrid - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar (Cak Imin) secara resmi membuka Paviliun Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim (UNFCCC-COP25). Cak Imin berharap Indonesia menjadi pionir dalam memerangi perubahan iklim dengan menunjukkan komitmen dalam mengurangi emisi.

"Indonesia memiliki peran penting sebagai pionir. Sebagai salah satu pionir negara berkembang dalam menghadapi perubahan iklim, Indonesia berkomitmen untuk mereduksi emisi sebesar 29% dengan upaya sendiri dan hingga 41% dengan bantuan internasional pada 2030," kata Cak Imin di Madrid, Spanyol, Rabu (4/12/2019).



Pembukaan Paviliun Indonesia ini dihadiri oleh Wakil Menteri Lingkuhan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, Duta Besar RI untuk Spanyol Hermono, serta sejumlah tamu undangan asing dan delegasi Indonesia.

COP 25 yang sedang berlangsung saat ini, ditujukan untuk menyepakati dan menetapkan langkah-langkah penting PBB selanjutnya dalam menghadapi perubahan iklim. Salah satu agenda utamanya adalah menindaklajuti kesepakatan COP 24 Katowice, Polandia, tentang pedoman implementasi Kesepakatan Paris.

"Negosiasi ini penting bagi Indonesia dalam rangka mencapai target Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia," kata pria yang akrab disapa Cak Imin ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2