Peringkat PISA Jeblok, Komisi X DPR Minta Pemerintah Bikin Terobosan Pendidikan

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 15:44 WIB
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda (Foto: dok. pribadi)
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda (Foto: dok. pribadi)
Jakarta - Hasil survei Program for International Student Assessment (PISA) pada 2018 menyatakan Indonesia berada pada 10 besar terbawah dari 79 negara dalam kategori kemampuan membaca, matematika, dan sains. Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda menilai jebloknya peringkat Indonesia bisa menjadi petunjuk pemerintah untuk melakukan terobosan.

"Peringkat Indonesia yang menempati posisi ke-75 dari 79 negara menjadi indikator bahwa kemampuan rata-rata siswa kita dalam bidang matematika, ilmu alam, dan cara memahami bahan bacaan masih jauh tertinggal dibanding para siswa di banyak negara lain," ujar Syaiful Huda dalam keterangan tertulisnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/12/2019).


Huda memahami persoalan pendidikan Indonesia begitu kompleks. Karena itu, dia meminta pemerintah menciptakan terobosan melalui beberapa cara.

"Di sini dibutuhkan terobosan apakah dalam metode pendidikan melalui perubahan kurikulum, penyederhanaan regulasi, atau penambahan alokasi anggaran," ujarnya.

Politikus PKB ini mengingatkan, Indonesia akan menghadapi bonus demografi dalam beberapa tahun mendatang. Kondisi tersebut akan menimbulkan masalah besar jika tidak diantisipasi dengan perbaikan kualitas sumber daya manusianya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3