Banjir Masih Hantui Warga Rokan Holu Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 15:34 WIB
Banjir di Rokan Hulu, Riau (Foto: dok. Antara Foto)
Banjir di Rokan Hulu, Riau (Foto: dok. Antara Foto)
Pekanbaru - Kecamatan Bonai Darussalam di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, masih dihantui banjir. Sudah lebih dari sepekan luapan air sungai di sana masih menggenangi jalan dan rumah penduduk.

"Di Kecamatan Bonai Darussalam di Rohul masih tergenang air mencapai 50 cm. Kawasan ini merupakan dataran rendah sehingga kondisinya paling lama dilanda banjir," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur saat dihubungi detikcom, Rabu (4/12/2019).



Gafur menjelaskan, Bonai Darussalam secara geografis diapit dua aliran sungai yang hulunya di Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Kondisi ini membuat kecamatan tersebut paling rawan dilanda banjir.

"Kalau hanya hujan di Rohul saja, kawasan Bonai tidak akan banjir. Persoalannya justru kiriman banjir lewat dua alur sungai dari bagian hulunya. Kondisi inilah yang menyebabkan banjir di kawasan tersebut," ujarnya.



Banjir di sejumlah kecamatan lainnya yang ada di Rohul, kata Gafur, sudah surut. Hanya, setiap kali turun hujan di hulu sungai akan berimbas banjir di Rohul. Sebab, kata dia, kabupaten ini berbatasan dengan dua provinsi tetangga.

"Kecamatan lainnya air sudah surut. Hanya tersisa Kecamatan Bonai Darussalam yang masih banjir. Halaman rumah warga masih digenangi air, begitu juga badan jalan yang menghubungkan ke kecamatan lain masih tergenang," pungkas Gafur.




Tonton juga video 9 Nagari di Solok Selatan Porak-poranda Akibat Banjir Bandang:

[Gambas:Video 20detik]



(cha/mae)