Memanas! Waketum Sindir Pendiri PAN yang Bicara Tekanan Dukung Zulhas

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 04 Des 2019 10:55 WIB
Foto: dok. Twitter @totokdaryanto
Jakarta - Wakil Ketua Umum PAN Totok Daryanto membantah tudingan dari pendiri PAN Putra Jaya Husin soal adanya tekanan ke DPD-DPD PAN untuk memilih Zulkifli Hasan kembali menduduki kursi ketua umum. Totok balik menyebut Putra melakukan pendekatan ke DPW dan DPD PAN.

"Saya juga tahu Mas Putra Jaya yang mendukung salah satu kandidat Ketum tim suksesnya juga aktif melakukan penetrasi ke DPW dan DPD se-Indonesia. Tetapi kita tidak pernah menuduhnya sebagai melakukan penekanan-penekanan," kata Totok saat dikonfirmasi, Rabu (4/12/2019).


Putra diketahui mendukung salah satu kandidat calon Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap. Totok menyebut Zulkifli Hasan telah didukung 28 DPW PAN yang disebutnya juga satu suara dengan DPD-DPD di bawahnya.

"Hingga sekarang tercatat ada 28 DPW yang mendukung ZH. Sebagian besar DPD-nya solid satu barusan dengan DPW-nya. Ada satu-dua DPD yang punya pilihan lain, kita juga tahu dan membiarkannya," ujarnya.

Selain itu, Totok mengatakan meski ada DPW yang bukan dari daerah pendukung Zulkifli, DPD di bawahnya ada yang mendukung caketum petahana itu. Totok pun meminta Putra Jaya dan tokoh PAN lain yang tidak mendukung Zulkifli untuk legawa dengan pilihan kader di daerah.

"Dan juga jangan salah, bahwa dari sekian DPW yang jelas-jelas condong ke kandidat selain ZH (seperti Jatim, Jateng, Sumut, dan mungkin Jabar), banyak pula DPD-DPD-nya yang merasa lebih nyaman dinakhodai ZH. Terhadap hal ini kita berharap Mas Putra Jaya atau tokoh PAN lainnya hendaknya legawa juga," ucap Totok.

Putra Jaya Husin.Putra Jaya Husin. Foto: (Dok Istimewa).


Sebelumnya, pendiri PAN Putra Jaya Husin mendengar ada intimidasi hingga ancaman ke kader agar Hasan dipilih kembali sebagai ketua umum partai. Putra mengatakan sudah berkomunikasi ke tim dari Zulkifli untuk mendapatkan klarifikasi.

"Ya saya juga mendengar dari beberapa sumber, makanya saya juga minta dari teman-temannya Pak Zul untuk memberikan klarifikasi apa benar informasi yang saya terima, bahwa ada tekanan, ada ancaman, ada intimidasi," kata Putra, kepada wartawan, Selasa (3/12).

"Tapi kan supaya fair, saya meminta kepada teman-teman di tim Pak Zul, kan Pak Zul masih di luar negeri, apakah informasi tersebut benar adanya? Kan setiap informasi harus diuji kebenarannya, diklarifikasi oleh yang bersangkutan, agar tak menjadi berita bohong atau hoax," imbuhnya.




Ramai-ramai 28 DPW PAN Minta Zulhas Jadi Ketum Lagi:

[Gambas:Video 20detik]


Memanas! Waketum Sindir Pendiri PAN yang Bicara Tekanan Dukung Zulhas


(azr/tor)