Hadiri Raker Konektivitas Pariwisata, Luhut Bicara Pentingnya Infrastruktur

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 12:19 WIB
Foto: Luhut dan Budi Karya (Matius Alfons-detikcom)
Foto: Luhut dan Budi Karya (Matius Alfons-detikcom)
Jakarta - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka rapat kerja soal konektivitas pariwisata. Luhut mengingatkan pentingnya pembangunan infrastruktur.

"Kenapa infrastruktur harus dibangun? Ya karena semua berkaitan dengan cost, biaya, jadi kalau kita mau negeri ini bagus untuk anak cucu kita, maka harus menurunkan cost, apapun yang kita lakukan harus berbicara cost, cost efisiensi dan efektifitas," ujar Luhut dalam rapat kerja di Hotel Mercure, Kemayoran, Jakarta, Selasa (3/12/2019).



Luhut mengatakan dalam pembangunan konektivitas pariwisata, semua pihak harus kompak. Dia mengingatkan agar tak ada kebocoran dalam pembangunan konektivitas pariwisata.

"Apapun yang kita kerjakan kalau kita kompak, kita bisa, dan sekarang makin tertib, jadi saya minta pada teman sekalian, kalau seperti gaya-gaya yang lalu ada kebocoran sana sini, itu akan persulit kita semua dan persulit pribadi kita, karena itu kerja disiplin, kerja dengan hati, dan profesional," ucap Luhut.

Sementara itu, Menhub Budi Karya menyebut salah satu yang jadi fokus Kemenhub adalah konektivitas di daerah terluar Indonesia. Menurutnya, hal itu sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami laporkan bahwa kami secara sistematis berkoordinasi tentang inisiasi pemerintah khususnya Nawacita Pak Presiden, satu kata yang kramat adalah konektivitas yang ter-deliver di seluruh penjuru tanah air," ucapnya.



Budi menyebut daerah terluar yang dulu dinilai tak mungkin bisa dijangkau, kini sudah terjangkau. Dia mengatakan hal ini merupakan bagian dari wujud Nawacita Jokowi.

"Daerah terluar, terpinggir yang tadinya nggak mungkin dijangkau sekarang dijangkau," ujarnya. (maa/haf)