detikNews
2019/12/03 11:48:14 WIB

Pemerintah Rekrut Diaspora RI Bangun Pusat Inovasi di Ibu Kota Baru

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Halaman 1 dari 2
Pemerintah Rekrut Diaspora RI Bangun Pusat Inovasi di Ibu Kota Baru Foto: Bambang Brodjonegoro (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Menristek dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro, mengatakan pemerintah tengah menyiapkan pusat riset dan inovasi di Ibu Kota baru. Pusat inovasi dibangun untuk menyiapkan Indonesia memasuki masa depan.

"Intinya kita ingin ibu kota baru itu mencerminkan masa depan, nah salah satu fitur dari masa depan adalah teknologi dan inovasi. Jadi nanti arah, apapun namanya, pusat riset atau pusat inovasi adalah untuk menyiapkan Indonesia memasuki masa depan," kata Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (3/12/2019).



Menurut Bambang, salah satu yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut yaitu dengan menggandeng unicorn. Selain itu, Bambang juga mengatakan pusat inovasi di Ibu Kota baru bisa berkembang dengan adanya universitas yang berkelas dunia.

"Unicorn ini kan digital tapi kan mereka nggak mungkin selamanya, mereka harus kompetitif. Supaya kompetitif, mereka harus punya R&D yang kuat dan inovasi yang kontinyu. Nah itu bisa kalau punya uni R&D yang kuat yang berujung pada inovasi. Unit inilah yang kita harapkan. Kan masing-masing punya karena mereka bersaing, jadi mereka nanti mengembangkannya di sana. Tapi syaratnya harus ada universitas. Universitas yang berorientasi science, technology and matematic untuk mendukung sumber daya manusianya," ujar dia.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com