detikNews
Selasa 03 Desember 2019, 11:18 WIB

Dipimpin Airlangga, Golkar Selipkan 3 Kader di Kementerian Jokowi

Yakob Arfin Tyas Sasongko - detikNews
Dipimpin Airlangga, Golkar Selipkan 3 Kader di Kementerian Jokowi Foto: Lamhot Aritonang/detikcom
Jakarta - Kepiawaian Airlangga Hartarto di kancah politik telah menorehkan deretan prestasi bagi Partai Golkar. Sementara pada Pemilu 2019 berhasil menduduki peringkat kedua dengan persentase 12,31 persen dan mengisi 85 kursi di DPR, pasca-pilpres kemarin Partai Golkar kembali mulus melenggangkan 3 kader partainya menduduki pos menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Sebut saja Agus Gumiwang, kader Golkar yang namanya disodorkan kepada Presiden Jokowi, akhirnya menempati posisi sebagai Menteri Sosial. Nama berikutnya dari Partai Golkar yang dilirik Jokowi adalah Zainudin Amali yang dipercaya untuk mengisi pos Menteri Pemuda dan Olahraga.

Kader Golkar lain yang juga meramaikan bursa wakil menteri pilihan Jokowi adalah Jerry Sambuaga, yang akhirnya didaulat untuk mendampingi Agus Suparmanto dengan jabatan Wakil Menteri Perdagangan.

Total keseluruhan ada empat kader Golkar, yang kini bertugas membantu Jokowi di pos kementerian, termasuk Airlangga Hartarto sendiri sebagai pimpinan Golkar yang didapuk Jokowi sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.


Capaian Golkar ini telah menjadi bukti kontribusi Airlangga dalam memimpin Partai Golkar di mana ia berhasil mendudukkan tiga kadernya menduduki bangku menteri dan wakil menteri.

Seperti diketahui Airlangga Hartarto telah mendaftarkan dirinya sebagai salah satu calon ketua Partai Golkar dalam Munas. Dalam perjalanannya, Airlangga telah memperoleh dukungan dari sejumlah senior partai di Munas seperti Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan hingga Wakil Presiden Indonesia ke-12 Jusuf Kalla (JK) juga turut mendukung Airlangga.

Dalam pencalonan dirinya sebagai Ketua Umum Golkar, Airlangga memilih fokus pada pertumbuhan ekonomi ketimbang membahas amandemen UUD 1945.

"Golkar konkret. Dalam perekonomian sekarang, instabilitas dunia, satu-satunya yang dunia bisa nafas ekonominya adalah di ASEAN. Artinya, stabilitas politik ada di ASEAN dan stabilitas politik di ASEAN itu 50 persen ada di Indonesia," kata Airlangga.

Dia menyebut Indonesia sebagai 'udara' bagi dunia. Oleh sebab itu, stabilitas politik Indonesia dinilainya begitu penting.


Menghadapi Munas Golkar yang sudah di depan mata, Airlangga pun menyatakan optimistis.

"Insyaallah dukungan sudah cukup, ya sampaikan teman-teman itu sudah mungkin 90 persen," kata Airlangga.

Munas Partai Golkar sendiri akan berlangsung pada 3-5 Desember 2019 di Hotel Ritz Carlton Jakarta dan dapat disaksikan streaming pada 3 Desember 2019 mulai pukul 19.00 WIB di detikcom.

Rangkaian acara munas dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan pendaftaran peserta, opening act, laporan ketua penyelenggara, pidato ketum, pidato presiden, hingga seremoni pembukaan Munas.


Simak Video "Sekjen Golkar: Airlangga Hartarto Didukung Luhut Binsar hingga Jusuf Kalla"

[Gambas:Video 20detik]


(prf/ega)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com