Isu Presiden 3 Periode Mengemuka, Jokowi Sindir Pencari Muka

Round-Up

Isu Presiden 3 Periode Mengemuka, Jokowi Sindir Pencari Muka

Tim detikcom - detikNews
Senin, 02 Des 2019 21:38 WIB
Foto: Presiden Jokowi (Kris-Biro Pers Setpres)
Foto: Presiden Jokowi (Kris-Biro Pers Setpres)
Jakarta - Munculnya wacana masa jabatan presiden hingga 3 periode ternyata membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) melemparkan sindiran keras. Sindiran itu dilontarkan untuk si pengusul yang dianggap hanya cari muka.

"Ada yang ngomong presiden dipilih 3 periode, itu ada 3. Ingin menampar muka saya, ingin cari muka, padahal saya punya muka. Ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja, sudah saya sampaikan," ucap Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).


Seperti diketahui, wacana masa jabatan presiden 3 periode ini merupakan bagian dari amandemen UUD 1945. Jokowi sendiri sudah memberi wanti-wanti agar pembahasan itu tidak meluas.

Ternyata, apa yang dikhawatirkan Jokowi justru jadi nyata. Muncul wacana presiden dipilih MPR, masa jabatan presiden hingga 3 periode, hingga presiden dipilih satu kali untuk 8 tahun. Ini bukan yang Jokowi harapkan.

"Sejak awal sudah saya sampaikan bahwa saya produk pemilihan langsung. Saat itu waktu ada keinginan amandemen, apa jawaban saya? Untuk urusan haluan negara, jangan melebar ke mana-mana," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2