Jalur Layang Kereta Api di Medan Mulai Dioperasikan

Budi Warsito - detikNews
Senin, 02 Des 2019 18:01 WIB
Jalur kereta layang di Medan (Budi/detikcom)
Jalur kereta layang di Medan (Budi/detikcom)
Medan - PT KAI Divre I Sumut resmi mengoperasikan jalur layang Kereta Api Bandara, Medan. Jalur layang itu akan dilalui kereta api dari Kota Medan ke Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deli Serdang dan sebaliknya.

"Sejak Minggu (1/12) kemarin. Dengan pengoperasian jalur kereta api tersebut, terjadi perubahan perjalanan kereta di Divre I Sumut dengan keseluruhannya," jelas Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut, M Ilud Siregar, Senin (2/12/2019).



Untuk perjalanan KA penumpang, lanjutnya, ada 40 perjalanan kereta reguler dan 50 perjalanan kereta api bandara.

Dengan beroperasinya jalur layang itu, banyak keuntungan dan peningkatan pelayanan jasa. Seperti waktu tempuh yang lebih singkat. Dari 30-45 menit menjadi 28 menit.



"Untuk keuntungannya banyak, alhamdulillah adalah peningkat pelayanan penggunaan jasa angkutan kereta api. Terutama tujuan bandara. Kedua dapat mengurangi adanya penggunaan pintu-pintu perlintas sehingga dapat mengurangi ada kemacetan," terang Ilud.

Lebih lanjut Ilud mengatakan pengerjaan proyeksi fisik pembangunan jalur layang kereta api sepanjang 10,8 kilometer dengan memiliki dua jalur atau double track. (rvk/rvk)