Polda Metro Keluarkan E-Drives: Sistem Elektronik Ujian Praktik SIM

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 13:33 WIB
Sistem E-Drives Polda Metro Jaya (Foto: Istimewa)
Jakarta - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengeluarkan electronic driving test system atau yang disebut E-Drives. E-Drives bertujuan menilai ujian praktik SIM masyarakat dengan sistem elektronik.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan teknologi terbaru ini bisa digunakan saat masyarakat membuat SIM A ataupun SIM C. Sistem ini akan secara otomatis memberikan penilaian kepada masyarakat saat sedang melakukan praktik membuat SIM.

"Dengan sistem ini diharapkan pemohon SIM akan benar-benar mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat, profesional, modern, dan terpercaya," kata Yusuf dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (1/12/2019).


Yusuf menyebut penilaian dalam sistem ini akan dilakukan secara transparan. Calon pemilik SIM juga akan diberi tata cara saat melakukan tes tertulis maupun praktik sebelum memiliki SIM. Praktek membuat SIM disebutnya meliputi beberapa cara mengendarai kendaraan.

"Tes peserta uji praktik satu SIM C meliputi uji pengereman atau keseimbangan, uji zig-zag, uji angka delapan, uji reaksi rem menghindar, uji berbalik arah membentuk huruf u atau u turn," ungkap Yusuf.


Selanjutnya
Halaman
1 2