Berita Pekan Ini

Terpopuler Pekan Ini: Viral Ningsih Tinampi hingga Kemarahan Rommy

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 08:08 WIB
Foto: Ningsih Tinampi yang salahkan korban pemerkosaan, salah berita populer pekan ini (Muhajir Arifin)
Jakarta - Dalam sepekan ini, beberapa berita masuk ke dalam jajaran terpopuler. Dari mulai berita soal Agnez Mo yang mengaku tak punya darah Indonesia sampai viral pernyataan Ningsih Tinampi yang salahkan korban pemerkosaan.

Pada Jumat (28/11/2019), detikcom merangkum beberapa berita populer tersebut untuk para pembaca setianya. Berikut ini daftarnya:

1. Sindiran Tito ke Anies Soal Jakarta Kayak Kampung

Mendagri Tito Karnavian menyindir kondisi Ibu Kota DKI Jakarta yang dinilai seperti kampung, apabila dibandingkan dengan Shanghai, China. Hal ini disampaikan Tito ke Anies saat menjadi pembicara dalam Musyawarah Nasional IV Asosiasi Pemerintah Propinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2019.

"Pak Anies, saya yakin kalau sering ke China, kalau kita lihat Jakarta kayak kampung dibanding Shanghai," kata Tito di Hotel Borobudur, di Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).

Tito kemudian menceritakan lawatannya ke Shanghai dan Beijing pada tahun 1998. Ketika itu, ungkap Tito, kondisi dua kota di China tersebut masih sangat tertinggal dibanding kota Jakarta. Namun, pada 2018 Tito berkunjung lagi ke sana dan melihat perubahan yang luar biasa. Menurutnya, kedua kota itu sudah mirip dengan kota-kota besar di Amerika Serikat.


Anies pun memahami sindiran Tito ini dengan sudut pandang yang lain. Anies menyebut ucapan Tito itu terkait transformasi negara, bukan sekadar kota.

"Pak Tito tadi memberikan gambaran transformasi yang dialami oleh Tiongkok selama 4 dekade karena beliau menceritakan bagaimana analis-analis di akhir tahun '70-an, '80-an mengantisipasi perubahan yang akan terjadi di Tiongkok," kata Anies di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat.

Anies mengatakan, pesan Tito dijadikan PR besar untuk mendorong transformasi perkotaan di kota-kota di Indonesia. Sebab dia juga mengakui, China mengalami perkembangan pesat soal tata kota dan negaranya. Lompatan perekonomian China itu dikatakan Anies bukan hanya perbandingan Jakarta dengan Shanghai. Tapi China sebagai negara dengan seluruh dunia.

Simak Video "Heboh Ningsih Tinampi Salahkan Korban Perkosaan, Ini Penjelasannya"

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5