detikNews
2019/11/30 06:49:59 WIB

Round-Up

Karena Menteri Nadiem Bukan Hanya Menteri Sekolah Negeri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 5
Karena Menteri Nadiem Bukan Hanya Menteri Sekolah Negeri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menegaskan bahwa dirinya adalah menteri untuk semua. Pernyataan tegas itu dia kemukakan di depan guru-guru berbagai daerah di Indonesia. Gagasan-gagasan pria usia 35 tahun ini juga didengar para kepala sekolah, baik negeri maupun swasta.

Nadiem berbicara di Simposium Internasional Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah 2019, di Hotel Grand Sahid Jaya, di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (29/11) kemarin. Awalnya, ada seorang kepala sekolah dari sekolah swasta yang mencurahkan isi hatinya. Kepala sekolah ini khawatir nantinya tidak lagi bisa meneken ijazah, mendapat Bantuan Operasional Sekolah (BOS), hingga tak bisa mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat).

"Sementara kami dari swasta ini agak sulit untuk ikut diklat dan lain lain. Kalau pun ada penguatan kepala sekolah itu diprioritaskan untuk negeri sementara kami swasta nanti dulu periode ke berapa," ungkap kepala sekolah itu kepada Nadiem.



Menanggapi pertanyaan tersebut, Nadiem mengaku masih belum mendalami dan akan melihat lebih dalam kasus tersebut. Oleh karena itu, Nadiem tidak bisa berkomentar banyak. Tapi para guru swasta tak perlu khawatir karena Nadiem juga menteri untuk guru swasta juga.

"Tapi satu hal yang pasti, saya di sini berdiri sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia. Saya bukan menteri pendidikan sekolah negeri. Saya adalah menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia," kata Nadiem menanggapi keluhan kepala sekolah swasta itu.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com