Tangani Kemiskinan, Mensos Fokus Pada Pemberdayaan Sosial Lewat PKH

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 22:04 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Sosial, Juliari P. Batubara menyampaikan pihak memiliki strategi khusus untuk mengentaskan kemiskinan yang saat ini sedang menjadi permasalahan bangsa Indonesia.

Salah satunya adalah lewat family development atau pemberdayaan sosial bagi para keluarga.

Juliari mengatakan di dalam program keluarga harapan terdapat modul-modul baru yang bisa dikenalkan, yaitu berupa modul banking dan modul wirausaha.

Sehingga pada saat pendampingan program keluarga harapan tersebut, para keluarga ini bisa mendapatkan pemberdayaan yang optimal.


"Pesan saya kepada bank-bank, jangan menjadi bank penyalur saja. Tetapi yang diberikan manfaat ini, harus diberdayakan supaya bisa menjadi wirausahawan dengan cara memberikan pembiayaan kepada mereka yang ingin graduasi," ujar Juliari saat menggelar Forum Dialog dengan pihak media, di Hotel Arya Duta, Jumat (29/11/2019).

Dalam setahun, Juliari menargetkan minimal 1 juta keluarga yang menerima manfaat tergraduasi dari bantuan sosial yang diberikan oleh pihak Kemensos. Sehingga nantinya akan ada market sebesar 1 juta keluarga untuk diberdayakan.

"Itu bisa dilakukan lewat KUR mungkin atau bisa LPDP dengan bunga yang rendah. Karena ini sejalan dengan misi presiden yang ingin memberdayakan UMKM. Ini kita punya calon-calonnya, jadi mereka bisa mandiri secara ekonomi karena telah diperdayakan," tutur Juliari.


Juliari mengatakan bahwa inilah strategi yang akan dibuat oleh Kemensos untuk mengatasi kemiskinan. Karena tidak lagi memberikan bantuan sosial, melainkan pemberdayaan sosial. Sehingga yang menerima bantuan dapat mandiri secara ekonomi.

Kementerian Sosial sendiri hari ini mengadakan sebuah forum dialog dengan media di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat. Dalam dialog tersebut, Juliari P. Batubara memaparkan program-program yang akan dilakukan oleh Kemensos dalam periode 2019-2024. (ujm/ega)