Kunker ke Papua Jelang HUT OPM, Mahfud Akan Temui Tokoh Masyarakat

Yoki Alvetro - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 20:44 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md (Foto: Rolando/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md akan melakukan kunjungan kerja ke Papua. Dia mengatakan akan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat Papua jelang ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Ya, saya kunjungan kerja biasa. Saya akan dialog dengan masyarakat sipil. Termasuk itu juga akan kita lihat apa itu yang terjadi. Saya lihat itu tidak ada masalah yang luar biasa, biasa-biasa aja Papua," kata Mahfud saat ditemui di kompleks Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

Mahfud mengatakan kondisi di Papua secara umum sudah sangat stabil. Situasi di Papua sempat memanas beberapa waktu lalu karena insiden di Surabaya.


Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan tak ada letupan konflik sosial di Papua.

"(Kondisi Papua) Baik, biasalah datar-datar saja seperti yang sudah-sudah dan sudah jauh lebih membaik kan dari yang sudah-sudah. Artinya sekarang tidak ada letupan-letupan yang menimbulkan suasana menjadi lebih panas. Laporan-laporan yang masuk itu sudah mendingin, jauh lebih dingin," ucapnya.

"Saya kan ke sana kunjungan kerja, itu kan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia," imbuh Mahfud.


Sebelumnya diberitakan, TNI-Polri juga akan menggelar pertemuan dengan tokoh adat Papua jelang HUT OPM. Hal itu dilakukan untuk memastikan tidak ada perayaan HUT OPM pada 1 Desember mendatang.

"Berkaitan dengan agenda yang ada seperti 1 Desember ada HUT OPM tentunya dari pihak kepolisian dan TNI sudah melaksanakan kegiatan preventif, contoh kita ada coffee morning antara TNI-Polri dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda itu bisa terjadwalkan, bisa sebulan 3-4 kali komunikasi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono di Timika, Papua, Jumat (29/11).

Argo mengatakan diskusi dengan para tokoh Papua itu untuk menanyakan masalah-masalah yang ada di Papua. Pihaknya juga akan membantu mencari jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi oleh warga Papua.
Halaman

(jbr/fdu)