detikNews
2019/11/29 18:49:26 WIB

Komnas Perempuan Ingin Dengar Penjelasan Atlet yang Diisukan Tak Perawan

Danu Damarjati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Komnas Perempuan Ingin Dengar Penjelasan Atlet yang Diisukan Tak Perawan Atlet yang diisukan dikeluarkan dari pelatihan karena tak perawan. (Andhika Dwi Saputra/detikcom)
Jakarta - Isu atlet senam dipulangkan karena tak perawan menyeruak dari asrama pelatikan di Gresik. Pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) membantah kebenaran isu itu. Meski begitu, Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) tetap ingin mendengar suara dari pihak atlet.

"Kami bergerak berdasarkan suara korban. Kami sangat ingin mendengar penjelasan langsung dari si korban, karena ada dua pandangan berbeda sejauh ini," kata komisioner Komnas Perempuan, Khariroh Ali, kepada wartawan, Jumat (29/11/2019).



Komnas ingin mendalami kasus ini sehingga titik terang diketahui, siapa yang benar, apakah keterangan dari pihak korban atau pihak KONI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Kami di Komnas Perempuan berprinsip tak boleh ada diskriminasi dalam dunia olahraga dan ranah lainnya. Utamanya yang terkait dengan permepuan, perawan atau tidak perawan itu tak ada hubungannya dengan kompetensi untuk menjadi atlet yang baik," tutur Riri, panggilan Khariroh Ali.



Dia menyoroti isu keperawanan selalu menjadi momok bagi perempuan Indonesia yang hendak masuk ke insitusi kepolisian, TNI, dan kali ini dunia olahraga. Ini adalah tanda ideologi patriarki masih dominan. Dia berharap pihak atlet senam di kasus ini melapor ke Komnas Perempuan. Secara umum, Komnas juga menolak tes keperawanan.

"Kami dari Komnas Perempuan menolak wacana tes keperawanan, apalagi praktiknya. Itu adalah diskriminasi dan merendahkan martabat perempuan. Itu praktik zaman purba yang mendegradasi martabat perempuan, harus dihapuskan!" tandasnya.


Simak Video "Cerita Ibu Atlet Senam yang Dipulangkan Karena Isu Tak Perawan"



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com