detikNews
2019/11/29 18:12:46 WIB

Soal Usulan Presiden Dipilih MPR, Peneliti LIPI Ingatkan Dampak Negatif

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Soal Usulan Presiden Dipilih MPR, Peneliti LIPI Ingatkan Dampak Negatif Siti Zuhro (Foto: Muhammad Aminudin)
Jakarta - Peneliti senior LIPI Siti Zuhro menilai usulan agar presiden kembali dipilih MPR harus dikaji secara serius. Kajian itu untuk dampak positif dan negatif dalam sistem pemilihan tersebut.

"Itu kan baru usulan. Usulan tadi belum sempurna, harus diikuti oleh naskah akademik. Naskah akademik yang dilakukan secara serius untuk mengkaji kembali apa kekuatan, kelemahan dari dipilih melalui MPR, dan apa dampaknya," kata Siti Zuhro di kantor Parameter, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (29/11/2019).


Hasil kajian itu menurut Siti juga perlu dibandingkan dengan kajian pilpres secara langsung. Siti mengatakan masyarakat juga harus terlibat untuk memutuskan mana sistem yang lebih baik.

"Dan demikian juga mengapa langsung direview atau dievaluasi, apa sebenarnya dampak-dampak negatifnya? Sandingkan aja 'ini loh pilpres langsung, ini melalui MPR'. Kalau lebih banyak dampak negatifnya di MPR atau di (pilpres) langsung dan sebagainya, ya silakan, jadi masyarakat yang akan dikonsultasi, diberikan kepada masyarakat," ujarnya.



Simak Video "Wacana Hidupkan GBHN, Gerindra: Jangan Jadi Pintu Presiden Dipilih MPR"



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com