Pimpinan MPR: NasDem Dorong Presiden 3 Periode, PKB Usul Pilpres Lewat MPR

Mochamad Zhacky - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 16:08 WIB
Hidayat Nur Wahid (Foto: Lamhot Aritonang-detikcom)

Hidayat menegaskan, terkait pemilihan presiden dikembalikan ke MPR sebagaimana usulan PBNU, harus dikaji mendalam. Dia pun menilai wajar jika Fraksi PKB mendorong usulan tersebut.

"(Pilpres kembali ke MPR) ukurannya harus terukur. PKB akan mengawal karena memang PKB dan NU kan relasinya sangat mendalam, dan itu wajarlah," jelasnya.

Seperti diketahui, untuk usulan perubahan masa jabatan presiden tiga periode secara tegas ditolak oleh Fraksi Demokrat, PKS PKB. PDIP dan Golkar menyebut hal itu bukan agenda MPR.



Sementara Gerindra mengaku tak mau ikut campur jika amandemen UUD membahas perubahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. PAN sendiri pesimis wacana tersebut akan dibahas.

NasDem pun membantah mendorong wacana masa jabatan presiden 3 periode. Yang NasDem inginkan yakni amandemen bersifat menyeluruh. Untuk PPP mengaku belum memikirkan wacana tersebut.

Mengenai pemilihan presiden dikembalikan ke MPR, secara tegas ditolak oleh PKS dan Demokrat. PDIP, PAN dan Golkar memilih untuk menunggu kajian tentang usulan tersebut. Sikap PPP hampir serupa, namun mereka lebih menunggu respons masyarakat. Yang jelas mendukung adalah PKB dan NasDem. Sementara Gerindra belum menyatakan sikap.
Halaman

(zak/haf)