detikNews
Jumat 29 November 2019, 15:24 WIB

Istana soal Usul Presiden Dipilih MPR: Jokowi Lahir dari Pilpres Langsung

Hendra Kusuma - detikNews
Istana soal Usul Presiden Dipilih MPR: Jokowi Lahir dari Pilpres Langsung Jubir Presiden, Fadjroel Rachman (Foto: Biro Pers Setpres)
Jakarta - PBNU mengusulkan agar presiden kembali dipilih oleh MPR. Apa kata Istana?

"Kepada siapa pun masyarakat, berdasarkan pidato Pak Jokowi tanggal 15 Agustus 2019, bisa dicek di medsos, beliau tegas mengatakan, 'saya lahir dari pemilihan presiden secara langsung. Karena itu, saya akan tetap mendukung pemilihan presiden secara langsung, tidak melalui MPR'," kata Jubir Presiden Fadjroel Rachman di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).



Fadjroel mengatakan, dalam pernyataan itu, jelas tersirat bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung pemilihan secara langsung. Sebab, Jokowi pun tak 'lahir' dari pemilihan tak langsung.

Karena itu, kata Fadjroel, Jokowi tak akan melenceng dari konstitusi. Dia mengatakan sikap Jokowi terhadap pemilihan umum tetap sama seperti pidato yang pernah disampaikannya.

"Itu pernyataan sudah disampaikan pada bulan Agustus, coba dicek, Agustus 2019. Jadi tegas, apa pun pendapat masyarakat, Pak Jokowi tegas katakan beliau lahir dari pilkada langsung, baik di Solo, Gubernur Jakarta, dan lahir juga dari pemilihan presiden langsung, dua kali, di Indonesia. Karena itu sesuai dengan konstitusi UUD 1945," ujarnya.



Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj berbicara mengenai pemilihan presiden kembali ke MPR. Namun, usulan tersebut dikritik oleh sejumlah pihak, seperti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem).

"Sangat potensial mengulang kembali apa yang terjadi di era Orde Baru, karena pasti wacana ini tidak akan berhenti di sini. Pasti akan ada lanjutan yang menjadi pembenaran karena pertimbangan biaya, keutuhan bangsa, dan kebutuhan pada figur yang baik," kata Direktur Eksekutif Perludem Titi Anggraini.


Simak Video "PKS Tegas Tolak Usulan Wacana Masa Jabatan Presiden 3 Periode!"

[Gambas:Video 20detik]


(mae/imk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com