Jokowi Stuck di Casablanca, Dishub DKI: Ada Proyek Pelebaran Trotoar

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 14:30 WIB
Foto ilustrasi macet di Casablanca. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku terjebak macet sampai stuck 30 menit di kawasan Casablanca, Jakarta Selatan. Dinas Perhubungan memperkirakan kemacetan disebabkan ada revitalisasi atau pelebaran trotoar.

"Daerah di sana memang sedang ada pekerjaan pelebaran trotoar, di jalan, di situ. Ada pekerjaan trotoar. Nanti kita cek titik pastinya di mana hingga terjadi kemacetan seperti itu," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, saat dihubungi, Jumat (29/11/2019).

Syafrin akan meminta Dinas Bina Marga DKI Jakarta agar proyek pekerjaan dilakukan di luar jam sibuk sehingga tidak mengganggu pengguna jalan.


"Tentu kita akan berusaha pelaksanaan pekerjaan tidak pada jam sibuk pagi atau sore. Harusnya kita prioritaskan pekerjaan setelah jam sibuk," kata Syafrin.

Menurut Syafrin, proyek pekerjaan itu diperkirakan selesai akhir Desember sesuai kontrak. "Kalau kontrak biasanya maksimum 20 Desember. Saya belum tahu karena revitalisasi trotoar Dinas Bina Marga," tuturnya.

Presiden Jokowi menyebut lokasi ia terjebak macet hingga berhenti selama 30 menit berada di sekitar kawasan Casablanca. Daerah tersebut kerap macet di jam sibuk, saat waktu berangkat atau selepas pulang kerja.


"Bukan macet, berhenti. Ha-ha-ha.... Di Casablanca," kata Jokowi, di proyek Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Jumat (29/11/2019).

Jokowi mengatakan dirinya terjebak macet di kawasan Casablanca, Jakarta Selatan, sebelum datang ke acara Bank Indonesia. Meski Dishub DKI menyebut kemacetan di Casablanca disebabkan ada proyek pelebaran trotoar, Jokowi mengatakan kemacetan di kawasan itu sudah terjadi setiap hari sejak dirinya masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

"Ya itu kan setiap hari seperti itu sejak saya masih menjadi gubernur," ujar Jokowi.


Terjebak Macet, Jokowi: Itulah Kenapa Ibu Kota Dipindah

[Gambas:Video 20detik]

(aik/elz)