detikNews
2019/11/29 13:23:39 WIB

Sejarah UN yang Dikaji Dihapus: Ujian Penghabisan hingga Ebtanas

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 6
Sejarah UN yang Dikaji Dihapus: Ujian Penghabisan hingga Ebtanas Foto: Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (Pradita Utama)
Jakarta - Ujian Nasional (UN) diwacanakan untuk dihapus. Saat ini, Mendikbud Nadiem Makarim sedang melakukan kajian terkait wacana penghapusan UN itu. UN sendiri punya sejarah yang panjang dan berulang kali berganti nama.

UN sendiri mulanya adalah ujian untuk para siswa yang dimaksudkan untuk mengukur kompetensi lulusan. Nantinya, ukuran inilah yang dipakai untuk melihat sejauh mana pemerataan kualitas pendidikan berlangsung. UN juga kerapkali dijadikan sebagai pertimbangan untuk membuat kebijakan di bidang pendidikan.


Namun, dalam perjalanannya UN telah mengalami beberapa kali perubahan nama. Dikutip dari situs resmi Kemendikbud, berikut ini sejarah perubahan nama UN:

Periode 1950 sd 1964: Ujian Penghabisan

Ujian akhir yang bersifat nasional pertama kali dimulai sejak tahun 1950. Ujian ini terus dilaksanakan hingga tahun 1964 dan kemudian disebut sebagai Ujian Penghabisan. Soal-soal Ujian Penghabisan dibuat oleh Departemen Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan. Soal-soal yang diujikan berbentuk uraian/esai dan hasil ujian diperiksa di pusat rayon.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com